Yu Yu Hakusho

Kategori:Buku
JenisKomik & Novel Bergambar
Penulis:Yoshihiro Togashi



Yu Yu Hakusho adalah salah satu seri manga Jepang yang dikarang dan ditulis oleh Yoshihiro Togashi yang juga diadaptasi menjadi anime. Nama serinya ditulis YuYu Hakusho di distributor anime Funimation dan manga Viz.
Manga ini secara legal dipublikasikan di Shueisha Weekly Shōnen Jump. Serinya terdiri dari 175 bagian yang ada di 19 volume tankōbon, dan memenangkan Shogakukan Manga Award untuk shōnen pada 1994. Di Amerika Utara, manganya ada di Viz' Shonen Jump.
Animenya disutradarai oleh Noriyuki Abe dan diproduseri oleh Fuji Television, Yomiko Advertising, dan Studio Pierrot, terdiri dari 112 episode dan dua film: "The Golden Seal" and "Bonds of Fire". Seri animenya memenangkan Animage Anime Grand Prix Prize pada 1993 dan 1994. Seri Tvnya disiarkan secara legal di Japan's Fuji Television network dari 10 October 1992 sampai 7 January 1995, kemudian dilegalkan di Amerika Utara oleh Funimation pada tahun 2001. Pertama kali acaranya mengudara di TV Amerika pada Februari 2002 di Cartoon Network's Adult Swim . Sekitar Maret 2003, acaranya dipindah ke Cartoon Network's Toonami karena rating yang tinggi. YuYu Hakusho diambil dari Toonami sekitar Maret 2005 dan pindah pada Sabtu pagi saat 5.30 dimana serinya habis. Kemudian mengudara sebagai bagian dari program Funimation di Colours TV.
Seri OVA dari YuYu Hakusho diluncurkan hanya di Jepang. OVA tersebut juga ditayangkan sekitar Jepang, Asia Timur, Asia Tenggara, India dengan televisi anime satelit network Animax.
History
Togashi mengatakan bahwa ia mulai mengerjakan YuYu Hakusho selam satu periode sekitar November 1990, Togashi menambahkan kalau ia lupa waktu tepatnya.
Alur Cerita
Tapi tidak ada seorangpun yang tahu sifat kepahlawanannya Yusuke Urameshi sebagai tokoh utama.
Diceritakan, anak ini meninggal tertabrak mobil. Saat itu, ia hendak menolong bocah cilik yang nekat lari menyeberang jalan. Yusuke memang telah meninggal dunia tapi Koema, malaikat Reikai (pelindung dunia), menolak kehadirannya di Surga. Alasannya, belum waktunya Yusuke meninggal, karena tugasnya di dunia belum selesai.
Untuk kedua kalinya, Yusuke diturunkan kembali ke dunia. Kali ini bukan dalam wujud manusia, tapi malaikat pembantu Reikai. Tugas Yusuke menjaga kedamaian dunia dari serangan iblis. Dalam tugas ini, Yusuke dibantu salah satu Reikai bernama Botan.
Di dunia Yusuke menemui Keiko, gadis sahabat lamanya. Tugas pertama yang diembannya adalah menemukan harta karun Reikai yang hilang. Ternyata, pencuri harta karun tersebut adalah Kurama dan Hiei. Bukan hanya menemukan harta, Yusuke berhasil menyadarkan mereka. Akhirnya, Yusuke, Kurama, Hiei, dan Kuwabara (sahabat Yusuke semasa hidup) bergabung dalam sebuah tim . Bahu-membahu, mereka menjalankan tugas yang diberikan Koenma, si pelindung bumi. Menjaga kedamaian dunia dari serangan iblis, tentu, bukan pekerjaan ringan.

Karakter
· Yusuke Urameshi (Urameshi Yūsuke) – Yusuke adalah murid SMP Sarayashiki yang paling ulet. Ia menjadi detektif jiwa setelah meninggal dan dihidupkan kembali ciuman Keiko. Serangan utamanya adalah Rei Gun (Spirit Gun di anime versi Inggris) dimana ia dapat memanipulasi Reikinya dan api menjadi proyekti. Dia mempelajari teknik dan kemampuannya dari Genkai. Kekuatannya semakin lama semakin berkembang dari semua pertempuran yang berbeda, karena dia merespon bahaya dengan melepaskan semua kekuatannya.
· Kazuma Kuwabara (Kuwabara Kazuma) - Kuwabara adalah anak kedua yang ulet di sekolahannya, dan ia dendam kepada Yusuke dalam hal itu. Saingan sesungguhnya, Yusuke dan Kuwabara memulai pertemanan setengah hati yang hanya ada kekuatan selama serinya. Meskipun manusia, Kuwabara mempunyai sensifitas Reiki yang tinggi, sehingga setelah menemani Yusuke dalam misinya, dia dapat memanifes sebuah Rei Ken (Spirit Sword dalam Inggris), sebuah tipe Reiki yang biasanya berbentuk seperti pedang yang menyala. Setelah Dark Saga, Kuwabara percaya untuk menjadi manusia terkuat yang hidup (sebagaimana Genkai). Meskipun dia bukanlah yang terkuat di "gang", ia sebenarnya yang paling baik hati, seperti saat dia mempunyai perasaan pada anak kucing.
· Kurama (Kurama), juga dikenal sebagai Shuichi Minamino (南野 秀一 Minamino Shūichi) dalam bentuk manusianya - Kurama adalah iblis dengan kemampuan untuk memanggil dan mengontrol tumbuhan. Dia sebenarnya sangat kuat dan bernama busuk yōkai, pencuri kitsune , Fox Demon Kurama (seperti yang disebutkan dalam manga versi Inggris) atau Yoko Kurama (Yōko Kurama, Yoko Kurama di anime Inggris) sampai dia ditemukan terluka oleh pemburu. Merencanakan untuk meloloskan diri dengan mendiami tubuh bayi manusia yang belum lahir, dia berkembang sebagai anak manusia Shuichi, dan merencanakan untuk meninggalkan “keluarganya” untuk mendapatkan kekuatan iblis saat usia 10 tahun, tapi ia malah tumbuh menyayangi ibunya, Shiori Minamino. Kurama mempunyai banyak macam teknik, karena kemampuannya mengontrol berbagai macam tumbuhan, termasuk yang selalu dilihat Rose Whip. Dalam turnamen Dark Saga, Kurama diberikan sebuah minuman untuk mengobatinya dalm proses perubahan menjadi keadaan Kurama, tapi kemudian episode terlihat dapat berubah saat akan (ini menjelaskan sisi yang terkena efek dari pelepasan banyak energi demon dalam anime Inggris).
· Hiei (Hiei, a.k.a. Hiei Jaganshi atau Jaganshi Hiei. "Hiei of the Evil Eye") - sebuah hi yōkai ( hi yōkai, lit. iblis api) lahir dari sebuah Korime (Kōrime, Ice Maiden) yang dispesialkan di Jagan ((Evil Eye) skills), sebaik dengan atlet pedang, dan dapat dipindah dalam kecepatan superhuman. Dia dengan sengaja dibuat Jagan amplifier dengan kekuatan dan memungkinkan dirinya memanggil api hitam Makai (Demon Realm) dan channel itu sebagai energi penyerang, yang selalu berbentuk dalam, juga dalam bentuk dragon. Dia sedikit keras kepala dan selalu berkendara dengan Kuwabara. HIEI juga sedikit pendek. Adik perempuan kembarnya, Yukina, tak sadar tentang hubungan mereka, dan Hiei telah pergi sejauh-jauhnya untuk mendapatkan pengobatan luka untuk yang lainnya untuk mencegah Yukina dari kenyataan bahwa ia adalah kakaknya.
· Genkai (幻海 Genkai) – Petarung Reiki profesional yang dengan keras mengajar Yusuke dalam Spirit Light Wave Fist (Reikō Hadō Ken, Spirit Wave dalam versi anime Inggris). Walaupun kebiasaannya selalu bengis, dia peduli pada Yusuke dan yang lainnya, dan selalu berusaha membantu mereka agar lebih kuat. Pada masa lampau, dia ketakutan sebagai salah satu petarung manusia yang terkuat dalam Ningenkai dan Makai.
Penerimaan

Logo yang manga YuYu Hakusho translate oleh Viz Media.Juni 2007, YuYu Hakusho telah terjual lebih dari 44.000.000 copi di Jepang sendiri sehingga memenangkan Shogakukan Manga Award untuk shōnen pada 1994. Pada tahun 2006 web poll yang dilakukan di Jepang oleh network TV Asahi, YuYu Hakusho terpilih menjadi 15th best anime sepanjang waktu.
Media
Manga
Seri manga dari Yu Yu Hakusho ditulis dan digambar oleh Togashi dan dipublikasikan oleh Shueisha dalam bhasa Jepang di majalah mingguan Shōnen Jump. Manganya terdiri dari sembilan belas seri yang pertama kali dirilis pada 10 April 1991 dan yang terakhir 12 Desember 1994. Pada Agustus 2004, penerbit Jepang dari YuYu Hakusho meneluarkan edisi kanzenban. Setiap kanzenban volume dilengkapi dengan cover baru. Kanzenban panjangnya 15 volume setiap bukunya berisi lebih banyak bagiannya daripada yang edisi biasa yang keluar 2 bulan sekali.
Manga YuYu Hakusho diserialkan di Amerika Utara oleh Viz Media di majalah American Shonen Jump . Volume pertama diluncurkan pada 13 Mei 2003 dan secara langsung 14 volume telah dirilis. Volume ke-15 dirilis pada 1 Juli 2008.

Anime

Animenya disutradarai oleh Noriyuki Abe dan diproduseri oleh Fuji Television, Yomiko Advertising, dan Studio Pierrot, terdiri dari 112 episode dan dua film: The Golden Seal dan Bonds of Fire. Serinya mengudara dari 10 Oktober 1992 sampai 7 Januari 1995 di Fuji Television di Japan. Di Amerika Utara, episodenya mengudara dari 23 Februari 2002 sampai 1 April 2006 di Cartoon Network. Episodenya dipertontonkan di program Cartoon Network's Adult Swim dari Februari 2002 sampai April 2003 dan diganti di program Cartoon Network's Toonami untuk episode selanjutnya.
Season keempat yang setiap serinya The four seasons that compose the series are each their own story arc, and referred to as "sagas" by Funimation. Thirty-two DVD compilations have been released by Funimation for the four sagas, with the first released on April 16, 2002, and the thirty-second on July 19, 2005. In addition, DVD collection boxes have been released for each saga, containing all the episodes of every saga, with the exception of the Dark Tournament Saga, which had two collection boxes. Funimation will be releasing season box sets of the anime starting with season 1 which is scheduled to be released on July 8, 2008.
OVA
Seri OVA dari YuYu Hakusho dirilis hanya di Jepang. Juga ditayangkan disekitar Jepang yaitu Asia Timur, Asia Tenggara, India dengan TV anime satelit nettwork Animax.
· Eizō Hakusho: Ankoku Bujutsukai (Volume 2)
· Eizō Hakusho II: Volume Yusuke
· Eizō Hakusho II: Volume Kurama
· Eizō Hakusho II: Volume Hiei
· Eizō Hakusho II: Volume Kuwabara
· Opening Ending Encyclopedia
· Recap Guide Complete Advance Set (Volume 3)
Media lainnya
Tiga video games yang telah rilis yang berhubungan dengan seri YuYu Hakusho : Yu Yu Hakusho: Spirit Detective, Yu Yu Hakusho: Tournament Tactics for the Game Boy Advance, Yu Yu Hakusho: Dark Tournament for the PlayStation 2, and Yu Yu Hakusho Final untuk SNES.
YuYu Hakusho juga mempunyai seri dramanya yang soundtracksnya dinyanyikan oleh seiyuunya.

Yusuke Urameshi
Rei Gun : tenaga dalam yang keluar dan dipusatkan lewat jari-jari.
Spirit Gun : bagian dari Rei Gun, berupa energi yang tercipta lewat pukulan.
Spirit Wave : versi paling dahsyat dari Rei Gun.
Kuwabara Kazuma
Rei Ken : kekuatan spiritual yang dipusatkan pada kepalan tangan, tajam seperti pedang.
Spiritual Strike: pedang spiritual yang lentur bagai cambuk. Selain itu, ia juga punya Aggression, Spiritual Crusher, dan Jigen Tou alias pedang dimensi.
Kurama
Kagon Retsuzanshi : cambuk spiritual yang terbuat dari jalinan rambut. Selain itu, ciri khas senjata tokoh ini menggunakan unsur tumbuhan, seperti Fuka Enbujin, Makai no Ojigisou, Shokyu Shokubutsu, Ketsu Shokunutsu, Janen Ju, dan Chou Kagon Retsuzanshi.
Hiei
Multi-slash Assault : mampu melakukan enam serangan dalam satu detik Jaouen Satsu Ken, Black Flaming dan Black
Dragon Spirit : pedang berkekuatan naga

2 komentar: